Bore Pile Tangerang Perhitungan Harga Jasa Bore Pile

Jasa pengeboran pondasi dan pengadaan alat bore pile jabodetabek untuk pekerjaan pembuatan pondasi dalam jenis bore pile.

Sebelum mejelaskan beberapa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya harga jasa bore pile saya akan menguraikan sedikit pengertian tentang pondasi bor pile.

Pengertian dari pondasi bor pile adalah, suatu konstruksi pondasi untuk bangunan yang memiliki fungsi menyalurkan semua beban yang bekerja pada struktur tersebut kedalam tanah yaitu sampai lapisan tanah yang dianggap keras. Pondasi bor pile dibutuhkan saat akan melaksanakan pembangunan multi lantai,pabrik,menara,jembatan dan bangunan tersebut berdiri diatas tanah lunak,sedangkan lapisan tanah keras berada pada kedalaman tertentu. Pondasi bor pile menjadi kebutuhan penting untuk digunakan dalam pembangunan,karena pondasi bor pile berfungsi memikul dan menyalurkan beban struktur yang sangat berat ke dalam lapisan tanah yang lebih keras.

Banyak yang bertanya-tanya tentang harga bor pile entah harga per meter atau per titik, namun harga bore pile per titik adalah hasil dari pengkalian jumlah meter kedalaman bor pile dalam satu titik. Rata-rata harga bor pile dihitung satuan meter kedalaman (m1) atau panjang dengan acuan besar diameter bore pile yang dikerjakan, terkecuali di karenakan volume m sedikit atau dibawah minimum order maka di dikenakan harga berbeda.

Nilai harga jasa bore pile dapat di pengaruhi dari 5 faktor berikut ini:

1. Besar kecilnya ukuran diameter bore pile.
Jenis ukuran diameter bore pile menggunakan mesin bor mini crane dan gawang bervariasi tergantung kebutuhan diameter yang yang akan di gunakan seperti diameter30cm,40cm,50cm,60cm. Namun jika diameter bore pile yang di butuhkan  lebih dari 80cm maka harus menggunakan bor alat berat seperti SANY,SOILMEC,TRIVESOIL, karena bor mini crane dan gawang tidak memenuhi syarat jika di gunakan untuk pengeboran diameter lebih dari 80cm. Besaran diameter lubang bore pile sangat berpengaruh terhadap besaran harga jasa bore pile. Hal ini dikarenakan ukuran diameter semakin lebih besar akan memakan waktu lebih lama dari segi pengeboran,pembesian juga pengecoran. Kesimpulanya adalah diameter lebih besar maka biaya yang di keluarkan akan lebih besar.

2. Kondisi tanah berdasarkan data tanah yang ada.
Jika pekerjaan pengeboran harus menembus batuan atau melewati batas SPT-60 maka dalam proses pengeboranya diperlukan mata bor khusus untuk menembus batuan tersebut. Kondisi tanah tersebut akan berpengaruh dalam besarnya harga jasa bor pile.

3. Metode bor pile yang di gunakan
Metode pengeboran yang digunakan (wash boring dan dry boring). Dalam pelaksanaan pengeboran menggunakan mesin mini crane dan mesin bor gawang dapat dioprasikan dengan dua metode, yaitu wash boring (bor basah) dan dry boring (bor kering). Penggunaan metode bore pile wash boring harga lebih murah daripada menggunakan metode dry boring. Harga jasa bore pile menggunakan metode dry driling lebih mahal dikarenakan metode ini dibilang lebih tinggi akan tingkat kesulitanya. Jadi metode bore pile yang digunakan mempengaruhi nilai harga jasa pembuatan pondasi bore pile tersebut.

4. Kondisi lapangan.
Kondisi lapangan berupa lahan kosong,lahan sempit atau di atas galian yang memerlukan bagan atau panggung. Pada lahan kosong harga jasa bore pile akan lebih murah jika dibandingkan dengan harga jasa bore pile di atas bagan atau panggung seperti halnya mengerjakan pondasi jembatan. Pekerjaan bore pile di atas bagan atau panggung memiliki resiko keamanan dalam proses pengerjaan dan tingat kesulitan yang tinggi,maka harga bore pile akan lebih mahal dibandingkan pada lokasi lahan kosong.

5. Jarak dari workshop.
Jika lokasi pengeboran bore pile masih lingkup dalam kota (jadetabek) maka harga jasa bore pile masih normal,akan tetapi jika lokasi berada di luar kota atau di luar jawa maka harga akan lebih mahal dari segi mobilisasi & demobilisasi alat maupun harga jasa bore pile permeter.

Biaya lain di luar harga jasa bore pile yaitu: mobilisasi & demobilisasi alat dan crew,biaya bobokan pondasi lama, biaya pembuatan bak sirkulasi air kerja, biaya pengolahan limbah hasil pengeboran(jika menggunakan metode wash boring), biaya reinstal alat jika di perlukan,biaya pembuatan bagan jika pekerjaan diatas sungai atau galian luas.

catatan:
Harga jasa bore pile dihitung dengan satuan meter kedalaman (m1) dengan minimum order 160 meter panjang.
Harga pengolahan limbah pengeboran dihitung dengan satuan meter kedalaman atau bisa juga dengan M3.
Harga bobokan pondasi lama yang mengganggu proses pengeboran dihitung per titik.
Harga pembuatan bagan dihitung sesuai luas bagan yang di butuhkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »