BORE PILE PANGANDARAN - PRE BORING GEDUNG EVAKUASI TSUNAMI PANGANDARAN


Tsunami adalah gempa yang terjadi di laut yang menyebabkan gelombang tinggi hingga sampai ke daratan. Bencana tsunami menyebabkan kerusakan yang luar biasa di daratan.
Dept. Pekerjaan Umum ( PU ) berinisiatif untuk membangun gedung evakuasi tsunami di Pangandaran. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga apabila terjadi bencana tersebut, ada tempat yang aman untuk berlindung bagi warga di sekitarnya, sehingga dibangunlah Gedung Evakuasi Tsunami di Pangandaran.


Disini kami (PT. Belani) dipercaya sebagai subkon untuk pekerjaan pre boring. Yang dimaksud pekerjaan pre boring yaitu pekerjaan pengeboran supaya tiang pancang dapat masuk menembus lapisan tanah keras. Pekerjaan pre boring ini dipakai karena tiang pancang tidak dapat menembus lapisan pasir solid yang berada di lapisan atas kontur tanah di Pangandaran.
Pekerjaan pre boring disini dapat dibilang lancar, karena ada koordinasi yang baik antara pihak owner, pihak pemancang dan kami selaku pelaksana pekerjaan preboring. Masalah utama yang dihadapi adalah penyediaan material bentonite yang harganya cukup mahal untuk menahan runtuhan lapisan pasir. Akhirnya kami berinisiatif untuk mengganti bentonite dengan tanah liat supaya lebih ekonomis, tetapi hasilnya sama. Dengan tambahan tanah liat dalam proses pengeboran bored pile / preboring akhirnya pekerjaan dapat berjalan lancar.
Pekerjaan pegeboran s/d 15 meter, tiang pancang masuk s/d 25 meter.

Di lokasi pekerjaan kami yang satu ini sangat asyik, karena berada di daerah wisata pantai pangandaran, sehingga crew bor pile dapat bekerja sambil berekreasi dengan menikmati pemandangan indah Pantai Pangandaran.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »