Preboring pancang PT. PMA Cipondoh Tangerang

 


Merencanakan pembangunan gudang baik untuk penyimpanan barang industri, pribadi dan lain sebagainya tentu harus dilakukan dengan matang. Ketika perencanaan sudah dilakukan dengan sesuai, pembangunannya pun tentu tidak akan jauh dari kebutuhan. Inilah misi dari owner yaitu PT. PMA yang ingin memiliki warehouse untuk menyimpan alat-alat mereka.

Langkah selanjutnya yang penting sekali untuk dilakukan adalah menentukan titik pemasangan tiang pancang. Biasanya, Anda akan membutuhkan sebuah alat ukur seperti teodolit dengan menentukan titik patokan awal pembuatan tiang. Untuk memudahkan, bisa juga menggunakan patokan pada batas gedung yang sudah ada sebelumnya.

Kebetulan karena kondisi tanah di daerah cipondoh terdapat lensa tanah pada kedalaman 8-17 meter, maka harus dilakukan pekerjaan preboring, karena tiang pancang tidak bisa menembus lapisan keras tersebut.Metode preboring dilakukan jika hasil penyelidikan tanah menunjukkan bahwa ditemukan lapisan lensa tanah. Lapisan lensa tanah merupakan suatu lapisan tanah yang tipis tetapi nilai NSPT lapisan tanah tersebut >50,artinya lapisan tanah tersebut dapat dikatakan lapisan tanah keras. Lapisan tanah yang memiliki nilai NSPT>50 tidak akan dapat ditembus pada saat pemancangan. Sehingga kedalaman tiangpancang yang direncanakan tidak tercapai.

Agar kedalaman tiang pancang sesuaidengan yang direncanakan, maka dilakukanpreboring.

Metode ini dilakukan dengan cara pengeboran hingga lapisan lensa tanah tersebut sudah ditembus mata bor.

Diameter pengeboran paling tidak sama dengan diameter tiang pancang atau idealnya diameternya pengeboran lebih kecil dari diameter tiang pancang, sehingga daya dukung selimut (skin friction) pondasi tiang pancang diperoleh maksimal.

Kami PT. Belani dipercaya untuk melaksanakan pekerjaan preboring tersebut, karena kami adalah perusahaan yang sangat berpengalaman dalam pekerjaan tersebut. Pekerjaan preboring ini menggunakan diameter 35 cm dengan kedalaman 18 meter, sebanyak 214 titik preboring. Akhirnya setelah dilakukan pekerjaan preboring, tiang pancang dapat masuk sampai dengan kedalaman 24 meter.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, kepada maincont PT PMA dan bagian administrasi nya yang sangat sigap.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »