Bor Pile Ciamis - Bore Pile Longsoran Jalan Cimaragas

 


Daerah Cimaragas yang terletak pada kabupaten Ciamis Jawa Barat, mengalami longsor yang mengganggu aktivitas di daerah tersebut. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi longsoran tersebut adalah dengan membangun bored pile pada lokasi longsor.

Untuk merancang bored pile, harus diketahui terlebih dahulu stabilitas lereng yang ada ialah memodelkan longsoran menjadi suatu bidang datar yang terbagi dalam banyak pias dengan gaya dalam masing-masing, lalu dicari faktor keamanan kumulatifnya. Bila keadaan longsoran tersebut telah diketahui, dapat direncanakan penanganannya menggunakan bored pile

Beberapa teknik penangan dapat ditempuh, misalnya dengan bored pile, pelandaian lereng, dll, namun yang akan digunakan adalah bored pile. Bored pile adalah pondasi dalam yang dicor di tempat, yang dibangun dalam sebuah lubang yang telah distabilisasi supaya peletakan tulangan baja dan cor beton dapat terkontrol. Diameternya yang besar memberikan tahanan yang baik terhadap penggeseran dan penggulingan (US Department of Transportation, 2010). Pada suatu barisan bored pile yang ditanamkan ke dalam tanah sampai pada kedalaman tanah keras, dapat terbentuk soil arching effect, yaitu perpindahan tegangan dari tanah di depan (upslope) barisan bored pile menuju tanah di belakang (downslope) bored pile, karena tanah berusaha bergerak melalui sela-sela antar bored pile yang kaku. Perencanaan bored pile sebaiknya memperhitungkan soil arching effect untuk desain yang optimal.

Disini Kami BELANI BOR PILE dipercaya untuk melaksanakan pekerjaan tersebut. Ukuran bore pile yang dipakai adalah bor pile diameter 40 cm dengan kedalaman 15 meter sebanyak 114 titik. Selama pelaksanaan tidak ada kendala yang berarti, karena lapisan tanah yang dibor adalah lapisan tanah merah. Metode pelaksanaan pekerjaannya menggunakan bor pile kering sehingga dapat lebih cepat dalam pelaksanaannya.

Pekerjaan dapat dilaksanakan dalam waktu 20 hari dengan menggunakan mesin bor pile gawangan. Terima kasih kepada Bapak Asep sebagai koordinator lapangan yang sudah sangat banyak membantu atas terlaksananya pekerjaan bor pile di jalan Cimaragas Ciamis ini, semoga membawa manfaat bagi warga sekitar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »