Bor Pile Ciamis - Pembuatan DPT penahan gelombang laut Pangandaran



Bor Pile Ciamis - Pembuatan DPT penahan gelombang laut Pangandaran

Arus lautan yang kuat menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat di pesisir pantai karena naiknya permukaan air laut yang mengakibatkan gelombang pasang. Tenaga gelombang laut atau arus laut yang terus menerus dapat mengakibatkan abrasi. Maka, untuk mengantisipasi terjadinya abrasi diperlukan pemecah ombak.⁣

Abrasi pantai di Indonesia merupakan salah satu permasalahan utama dalam upaya perlindungan pesisir pantai. Fenomena ini dapat berdampak pada tergerusnya garis pantai yang dapat mengganggu permukiman serta infrastruktur serta fasilitas umum lainnya.

Penanganan erosi pantai telah banyak dilakukan dengan menggunakan struktur keras (hard structure), seperti: revetmen, pemecah gelombang, tembok laut, groin atau kombinasi dari jenis pelindung pantai tersebut. Penerapan struktur keras terkadang hanya mengamankan satu ruas pantai saja, hal ini  berdampak pada timbulnya  erosi di ruas pantai lainnya. Walaupun struktur keras terbukti berhasil mengatasi erosi pantai berpasir atau berkarang, namun kenyataannya kurang efektif dalam mengatasi erosi khususnya pada pantai berlumpur.

Di Pangandaran, kami dikontrak oleh Dinas PU Kabupaten Ciamis untuk mengerjakan pemecah gelombang dengan model Teknologi Pemecah Gelombang Ambang Rendah (PEGAR) dengan membuat tiang beton dari bor pile yang disusun rapat sedemikian rupa, sehingga ombak keras tidak langsung menghantam tanah sehingga dapat mencegah erosi dan abrasi pantai lebih lanjut.

Pengerjaan bor pile di sini lebih mirip dengan pekerjaan bor pile untuk retaining wall atau DPT Dinding penahan tanah hal ini karena fungsi nya hampir mirip, untuk menahan dinding dari tekanan.

Pekerjaan bor pile ini menggunakan bor pile kecil, diameter 40 cm kedalaman 12 s/d 14 meter yang dipasang secara zigzag dengan jarak antar titik nya adalah 1 meter.

Pekerjaan bor pile cukup lancar walau ada beberapa hambatan, karena struktur tanah nya berpasir, sehingga diperlukan bentonite untuk menahan dinding lubang bor supaya tidak mudah longsor.

Pekerjaan ini dilaksanakan oleh PT Belani Global bor pile dalam waktu 60 hari.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »