Bore Pile Bandung - Pembangunan Pondok Pesantren As-Salaam Banjaran

 



Wakaf adalah tabungan akhirat yang Allah SWT janjikan pahalanya akan terus mengalir meskipun telah meninggal. Rasulullah SAW bersabda: "Apabila anak Adam (manusia) telah mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara, sedekah jariah (wakaf),ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh/salehah yang mendoakan orang tuanya" (HR. Muslim).

Dalam upaya meningkatkan kualitas tersebut, kiranya harus dilaksanakan salah satu langkah nyata yang diantaranya melalui peningkatan sarana dan prasarana pendidikan non formal. Oleh karena itu, Yayasan Assalaan bersama-sama warga masyarakat Banjaran bermaksud akan melaksanakan Pembangunan Ruang Belajar Mengaji yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.

Sistem pendidikan MTs. Ponpes. Tahfidz Al Quran Assalaam mewajibkan seluruh siswanya untuk mondok di asrama yang telah disediakan. Faktor pendukung lainnya yaitu didukung dengan staf pengajar yang kompetitif yang merupakakan lulusan dari perguruan tinggi yang terkemuka serta memiliki keahlian dalam bidang-bidang tertentu. Faktor pendukung lainnya adalah sarana dan prasarana yang memadai dari mulai gedung dengan konstruk permanen dan berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang pembelajaran.


Untuk meningkatkan fasilitas belajar dan pengembangan area, maka dibangunlah Ponpes Assalaam di Banjaran tepat nya di Arjasari - Banjaran Kab. Bandung.

Untuk pembangunan awal dibangun masjid besar Assalaam baru kemudian disusul bangunan-bangunan pendukung lainnya seperti kantor, ruang kelas, laboratorium, aula dan bangunan pendukung lainnya.

bangunan Masjid Assalaam menggunakan tipe pondasi bor pile diameter 40 cm sebanyak 218 titik kedalaman variasi antara 10-12 meter.

Penggunaan pondasi bore pile ini diharapkan mampu mendukung struktur bangunan utama sehingga terbebas dari pergeseran tanah dan apabila terjadi gempa, bangunan masjid tersebut tetap kokoh berdiri, sehingga keselematan guru dan siswa lebih terjamin.

Pelaksanaan pekerjaan pondasi bore pile di Ponpes Assalaam tersebut dilaksanakan dalam waktu 21 hari dengan hasil sempurna yang dibuktikan dengan tingkat kekuatan yang memenuhi syarat saat dilaksanakan PDA test.

Semoga kedepannya ponpes Assalaam Bandung semakin sukses dalam menciptakan generasi penerus yang beriman bertakwa dan berpengetahuan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »